Tips Cara Mengarahkan http Ke https SSL Certificates

Secure Socket Layer (SSL)

SSL adalah Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan kedalam blok-blok yang teratur, kemudian dikompres jika perlu, menerapkan MAC, dienkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data didekripsi, verifikasi, dekompres, dan disusun kembali. Hasilnya dikirimkan ke klien di atasnya.

Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kriptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sebuah sertifikat adalah sebuah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandarisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas (contohnya sebuah web server) pada internet. Layanan SSL ini merupakan solusi agar transaksi dengan aman. Alamat domain yang menggunakan SSL akan menggunakan HTTPS. Ketika kita sudah memasang ssl bagaimana cara kita mengarah kan domain ke domain ke HTTPS berikut langkah-langkah nya:

Mengarahkan http Ke https Menggunakan .htaccess

Kita bisa menggunakan protokol https jika kita memiliki sertifikat SSL dan memasangnya dengan benar. Kebanyakan situs web menggunakan protokol http sebagai pilihan utama untuk menangani semua informasi. Kita bisa memaksa orang menggunakan jalur protokol https dengan memodifikasi berkas .htaccess di folder (misalnya di folder /) atau di folder dimana anda mengharuskan orang untuk mengaksesnya melalui protokol https.

Silakan tambahkan baris-baris kode berikut ini:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}

Penjelasan Mengarahkan http Ke https Menggunakan .htaccess

Kita menggunakan 3 baris perintah di atas: RewriteEngine, RewriteCond dan RewriteRule.

  • “RewriteEngine On” menyataan kepada Apache bahwa kita akan menggunakan mod_rewrite.
  • “RewriteCond %{HTTPS}” off, memastikan apakah protokol https sudah digunakan/belum.
  • Sedangkan baris terakhir: “RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}” menyatakan kepada server untuk hanya mengganti bagian pertama (http://) menjadi (https://)

 

Mengarahkan http Ke https Menggunakan skrip .php

Silakan gunakan kode/fungsi berikut ini untuk mengarahkan ulang pengunjung situs web anda dengan menggunakan skrip php. Kita bisa memanggil fungsi ini disetiap skrip yang anda inginkan untuk diarahkan ulang dari http ke https.

<?php
function redirectTohttps() {
if($_SERVER[‘HTTPS’]!=”on”) {
$redirect= “https://”.$_SERVER[‘HTTP_HOST’].$_SERVER[‘REQUEST_URI’];
header(“Location:$redirect”); } }
?>

Penjelasan Mengarahkan http Ke https Menggunakan skrip .php

Pertama, kita harus memastikan bahwa SSL telah terpasang dengan benar di web server itu. Untuk mengarahkan peramban ke “https”, kita harus mengetahui bahwa situs tersebut menggunakan SSL atau tidak saat ini, dengan cara menggunakan variabel server dalam PHP yang bisa kita panggil dengan $_SERVER[“HTTPS”]. Respon dari data tersebut adalah “on” First of all, bila situs web menggunakan koneksi SSL.

 

Mengarahkan http Ke https Menggunakan meta HTML

Metode ini bukan yang paling sempurna, namun bisa anda gunakan bila anda tidak punya akses untuk menggunakan mod_rewrite

Silakan tambahkan baris kode berikut ini di bagian <head> halaman anda.

&lt; meta http-equiv=”Refresh” content=”0;URL=https://riauhost.net”

Pastikan bahwa situs asli(yang menggunakan enkripsi SSL) hanya menggunakan port 443 untuk IP address yang anda gunakan. Dan skrip diatas itu digunakan hanya pada skrip yang menggunakan port 80 (http) saja.

Tips Cara Mengarahkan http Ke https SSL Certificates
Written by: dwi tikto
Reting: 4.7


Blog Riau Network ini penuh dengan informasi yang berharga mengenai hosting, web design, web pemasaran Search Engine Optimization, web hosting, database mysql dan melindungi website.


Follow me on Google+ | Twitter | Facebook | Linkedin | YouTube

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

Hosting By Riau Network