Cara Melindungi Direktori dengan Password di cPanel Hosting

Anda perlu Melindungi direktori dengan password jika terdapat banyak informasi penting dan rahasia pada direktori tersebut. Dengan melindungi direktori, hanya orang-orang yang berhak saja yang bisa mengakses direktori tersebut. Ada 2 cara mengaktifkan password untuk direktori, yaitu secara manual dan otomatis. Jika anda ingin melakukannya manual, anda bisa mengaturnya dengan .htaccess. Sedangkan cara otomatis bisa anda lakukan jika akun hosting anda memiliki panel kontrol yang mendukung fitur ini. Contohnya cPanel, panel kontrol ini memiliki fitur bernama “Password protected directories”. Untuk mengaktifkannya, silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke cpanel hosting anda terlebih dahulu  http://nama-domain-anda.com/cpanel atau http://nama-domain-anda.com:2082 untuk lebih jelas login di cpanel klik disini

2. Setalah login ke cPanel kemudian lihat pada tab bagian Security kemudian klik pada icon Password protected directories seperti gambar dibawah ini :

memproteksi-direktori

3. Klik icon Password protected directories maka kemudian akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah ini :

Protect

4. silakan pilih direktori mana yang ingin anda proteksi. Pada halaman berikutnya silakan anda masukkan nama direktori dan tetapkan username dan password untuk direktori tersebut:

protect-directories

5. Ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan, yang pertama adalah mengaktifkan proteksi, dan kedua adalah membuat user untuk mengakses direktori tersebut:

  • : Silakan anda centang pada bagian ini.
  • Name the protected directory: Isi nama alias dari direktori tersebut yang ingin anda lindungi atau proteksi dengan password
  • Username: Masukkan tidak harus sama dengan nama direktori yang sebenarnya.
  • New Password: Isikan dengan password untuk masuk ke dalam direktori tersebut. Gunakan kombinasi antara huruf, angka dan karakter untuk menjamin keamanan password , atau bisa dengan meng-klik Password Generator , system cPanel akan membuatkan password yang bisa anda gunakan.
  • Password (Again): Tulis sekali lagi password direktori yang anda ingin buat di sini.

6. Kemudian Klik Add/modifi authorized user

5. Anda akan melihat konfirmasi seperti gambar dibawah ini:

allow-access

6. Kemudian Klik Go Back , Jika sudah, anda akan melihat info login (user) yang telah anda buat pada list authorized user seperti gambar dibawah ini:

authorized-user

7. Proteksi Direktor anda sekarang sudah dibuat!

Demikian cara melindungi direktori dengan password pada cPanel mudah-mudahan membantu anda, jika anda membutuhkan web hosting dan domain murah atau mau jadi Reseller juga bisa, silahkan hubungi kami.

Cara Melindungi Direktori dengan Password di cPanel Hosting
Written by: dwi tikto
Reting: 4.7


Blog Riau Network ini penuh dengan informasi yang berharga mengenai hosting, web design, web pemasaran Search Engine Optimization, web hosting, database mysql dan melindungi website.


Follow me on Google+ | Twitter | Facebook | Linkedin | YouTube

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

Hosting By Riau Network